objek ilmu adalah kesatupaduan ontologis alam-manusia-Allah sedangkan praksis ilmu adalah kesatupaduan praksiologis As-sam'a -al-abshara-al-af-iddah.Demikian pula, srtuktur ilmu merupakan kesatupaduan epistemologis al-'ilm-al-hikmat-al-kitab.Akhirnya, konteks ilmu menurut al-qur'an mempunyai kesatupaduan aksiologis al'ilm-al-huda-al-kitab.
keempat kesatupaduan atau integralitas tersebut-kesatupaduan ontologis, kesatupaduan praksiologis dan kesatupaduan epistemologis serta kesatupaduan aksiologis merupakan aspek-aspek kesatupaduan atau integralitas ilmu yang berkaitan dengan kategori-kategori integralis; yaitu materi, energi, informasi dan nilai-nilai. keempat keterpaduan itu mempunyai sifat-sifat kesatupaduan karena adanya kategori integralis .kelima, yaitu sumber semua ilmu adalah satu, yaitu Allah SWT. Yang Maha Esa.( Akhdiyat, 2007:512 dan dalam Armahedi Mahzar, 1993:14).
Sistem Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam sebagai sistem adalah integralitas antara unsur-unsur dibawah ini:
- Inegralitas unsur ilahiah, alamiah, dan insaniah karena tujuan pendidikan Islam terfokus pada pemberdayaan alam dan manusia dengan bertitik tolak dari nilai-nilai ilahiah dan rabbaniah atau kependidikan yang berbasis kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah.
- Integralitas antara hati, akal dan pancaindera. Tiga alat pendeteksi kebenaran, yang bersifat intuitif dan metafisikal, kebenaran rasional, dan kebenaran empirik.
- Integralitas antara ilmu pengetahuan, hidayah, dan sumber ilmu pengetahuan
1 komentar:
DAFTAR PUSTAKANYA????
Posting Komentar